Libatkan dua kementerian, Kemenparekraf atasi sampah

Minggu, 29 September 2013 - 02:00 WIB
Libatkan dua kementerian, Kemenparekraf atasi sampah
Libatkan dua kementerian, Kemenparekraf atasi sampah
A A A
Sindonews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengaku, untuk menanggulangi sampah di wilayah pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melibatkan dua kementerian.

Menurutnya kedua kementerian itu adalah, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementerian Kesehatan. "KLH memiliki banyak program tentang sampah yang siap diimplementasikan, di antaranya adalah bank sampah, mengolah sampah menjadi sumber energi dan daur ulang sampah menjadi produk kreatif yang berguna," katanya saat meluncurkan Gerakan Bali Bersih di sela-sela pelaksanaan Sanur Village Festival VIII/2013, di Pantai Segara Ayu, Sanur, Sabtu (28/9/2013).

Lewat gerakan Bali bersih ini, salah satu bagian dari upaya pemerintah bersama masyarakat untuk mencipatakan pariwisata yang bersih.

"Saya berharap gerakan ini tidak terhenti sebatas slogan dan seremonial semata, melainkan terus bergema ke seluruh wilayah. Diharapkan pula, gerakan ini sebagai aksi berkelanjutan serta menjadi kebiasaan sehari-hari," harapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Menparekraf tanpa canggung ikut serta dalam memungut sampah di Pantai Segara Ayu Sanur Denpasar Barat.

"Gerakan di Sanur ini merupakan langkah awal, kita akan melanjutkannya dengan berbagai pelatihan di seluruh desa, tentang bagaimana mengolah sampah menjadi sesuai yang bernilai agar lebih menarik banyak orang,” imbuhnya.

Klik di sini untuk berita wisata lainnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)