Sukseskan program KB, BKKBN libatkan pemda & parpol

Kamis, 26 September 2013 - 17:03 WIB
Sukseskan program KB, BKKBN libatkan pemda & parpol
Sukseskan program KB, BKKBN libatkan pemda & parpol
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal mengatakan, jika dilihat pada proses politik yang dilakukan kabupaten/kota dalam pilkada, BKKBN akan memberikan usulan kepada pemda dan partai politiknya.

"Saat ini kami sudah lakukan komunikasi dan sosialisasi kepada parpol, tim sukses partai dan kepada calon pimpinan daerah. Jika ini berhasil, maka kami mengawal dan menempel apa saja indikator kependudukan sesuai program BKKBN,” kata Fasli, Kamis (26/9/2013).

Menurut dia, selama ini daerah tidak terlalu memperdulikan Keluarga Berencana (KB), hal ini yang membuat program KB tidak ‘berbunyi’.

BKKABN, lanjutnya, mempunyai dana alokasi khusus (DAK) untuk diberikan kepada daerah yang kekurangan dana, dalam mengembangan program KB. Dana ini akan diberikan sekitar Rp800 miliar setiap daerah.

“Dana ini akan diberikan kecuali kepada daerah yang sudah kuat APBD-nya. BKKBN mempunyai dana sebanyak Rp1-2 miliiar,” ucapnya,

Selain dana DAK, kata Fasli, BKKBN juga mempunyai anggaran sebesar Rp2,6 triliun diluar DAK. Dana ini dipersiapkan untuk insentif kepada daerah, yang menggunakan isi KB kedalam program kependudukan.

"Saat ini sudah 12 kabupaten/kota yang sudah terikat dalam badan komitmen politik. Saat ini yang diperlukan adalah komitmen yang tinggi dan kerjasama lintas sektor, untuk menggedor daerah dalam melaksanakan program KB. Kami memerlukan waktu yang panjang dan tidak sebentar," keluh dia.

Klik di sini untuk berita Boediono minta program KB sampai ke desa.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6961 seconds (0.1#10.140)