UN tak lagi kejar target kelulusan

Selasa, 24 September 2013 - 20:36 WIB
UN tak lagi kejar target...
UN tak lagi kejar target kelulusan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Pusat tidak akan melihat persentase kelulusan Ujian Nasional (UN), sebagai dasar intervensi ke daerah. Intervensi kebijakan pendidikan akan dilakukan melalui indeks kompetensi pendidikan.

Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan, indeks kompetensi pendidikan dianalisis melalui mata pelajaran, bahkan sampai pada tiap individu peserta didik.

Menurutnya, itu juga termasuk item per mata pelajaran apa yang terlemah yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). “Indeks kompetensi ini akan dianalisis dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten kota hingga sekolah,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Hamid menjelaskan, saat ini rata-rata indeks kompetensi tingkat nasional adalah 60,58. Indeks tertinggi, kata dia, diraih oleh Jawa Timur (Jatim) 69,77. Sedangkan terendah diraih Maluku Utara (Malut) 46,28.

"Tidak ada provinsi yang mencapai indeks di atas 70, itu menunjukkan kompetensi pendidikan nasional masih perlu ditingkatkan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)