Tak tegas nyatakan mundur, sikap Gita abu-abu

Selasa, 24 September 2013 - 06:04 WIB
Tak tegas nyatakan mundur, sikap Gita abu-abu
Tak tegas nyatakan mundur, sikap Gita abu-abu
A A A
Sindonews.com - Sikap Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang awalnya dikabarkan mundur dari kabinet menuai banyak pujian. Namun, kritik kembali mencuat ketika sikap mundur Gita menjadi menteri agar bisa fokus di Konvensi Demokrat ternyata masih "abu-abu".

"Saya rasa keputusan Gita mundur dari kabinet merupakan contoh praksis politik yang baik dan layak ditiru oleh pejabat publik lainnya yang terjun dalam kontestasi politik. Namun, muncul pertanyaan jika pernyataan mundur itu bukanlah sikap tegas Gita," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakri melalui pesan singkat kepada Sindonews, Senin 23 September 2013 malam.

Meski belum mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menurutnya, permintaan lisan Gita tetap patut diapresiasi. Namun, sikap itu akan lebih mendapat apresiasi jika benar-benar meminta mundur dari kabinet.

"Saya rasa Gita memahami betul hakikat etika politik dan bagaimana menjalankannya. Kalau sikapnya tegas tentunya akan mendapat lebih banyak apresiasi, jika begini sikap Gita jadinya dinilai abu-abu," pungkasnya.

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, Mendag Gita Wirjawan telah menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kalau dirinya siap mengundurkan diri dari jabatannya. "Saya sudah ajukan suratnya dua atau tiga hari lalu," kata Gita, Jumat 20 September 2013 lalu.

Apa yang disampaikan mantan Kepala BKPM ini berbeda dengan klarifikasi Kepala Pusat Humas Kemendag Arlinda Imbang Jaya. Dirinya membantah bahwa Gita telah mengajukan surat pengunduran diri ke Presiden SBY.

"Tidak benar berita bahwa Mendag Gita Wirjawan telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden RI," bantah Kepala Pusat Humas Kemendag Arlinda Imbang Jaya, melalui siaran persnya yang diterima Sindonews, Senin 23 September 2013.

Kabar mundurnya dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II terkait keikutsertaannya dalam Konvensi Partai Demokrat, menurutnya, Gita hanya menyampaikan secara lisan kepada Presiden SBY.

"Hal yang benar adalah beliau menyampaikan secara lisan kepada Presiden RI, untuk mempertimbangkan apabila terjadi benturan kepentingan, yang diakibatkan oleh keikutsertaan beliau dalam Konvensi Partai Demokrat," ungkapnya.

Baca juga berita Kemendag klarifikasi pengunduran diri Gita dari kabinet
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0236 seconds (0.1#10.140)