Sejak awal Pasek & Saan sudah tahu akan disingkirkan

Kamis, 19 September 2013 - 09:31 WIB
Sejak awal Pasek & Saan sudah tahu akan disingkirkan
Sejak awal Pasek & Saan sudah tahu akan disingkirkan
A A A
Sindonews.com - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk menduga politikus Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika dan Saan Mustopa sudah lama mengetahui akan disingkirkan.

Tak hanya itu, keduanya dinilai sudah paham risiko yang akan diterimanya dengan menghadiri deklarasi organisasi masyarakat (Ormas) Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI).

"Tampaknya begitu, tetapi mereka (Pasek) dan Saan pun kayaknya sudah aware bahwa ini cepat atau lambat akan terjadi. Makanya sedia payung sebelum hujan, Pasek sudah ancang-ancang di DPD," kata Hamdi saat dihubungi wartawan, Kamis (19/9/2013).

Sementara itu, terkait keberadaan Ormas PPI, Hamdi berpendapat pendirian ormas ini bagian dari manuver politik yang dilakukan Anas terhadap Partai Demokrat.

"Anas bikin manuver dengan PPI nya, the game is not over yet. Kayaknya bisa jadi efek amputasi Anas dkk bikin gerakan pengembosan Demokrat," tuntasnya.

Sebelumnya, Gede Pasek Suardika dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Komisi III DPR sementara jabatan Saan Mustopa digantikan Tengku Rifky Harsa.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf membantah pencopotan keduanya terkait kehadiran mereka pada deklarasi PPI. "Kalau ini, dikait-kaitkan dengan kehadiran, nanti kasihan teman segitu banyaknya," kata Nurhayati dalam keterangan persnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, rotasi di fraksi maupun komisi biasa dilakukan partai politik begitupun dengan partai berlambang bintang segitiga ini."Rotasi ini hal biasa, tidak ada kaitannya (dengan Ormas PPI), untuk memberikan kesempatan yang lain untuk memimpin."

"Tidak dikait-kaitkan. Kalau mau mengaitkan wajar saja. Tetapi kami tegaskan tidak ada kaitannya (dengan Ormas PPI), rotasi sejak lama hanya waktunya hari ini," pungkasnya.

Baca berita Copot Pasek & Saan, Demokrat cerminkan antidemokratis
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7846 seconds (0.1#10.140)