Hindari korupsi politik, parpol harus perkuat ideologi

Kamis, 12 September 2013 - 17:46 WIB
Hindari korupsi politik, parpol harus perkuat ideologi
Hindari korupsi politik, parpol harus perkuat ideologi
A A A
Sindonews.com - Korupsi politik yang terjadi akibat ulah kader partai selama ini seharusnya dapat diminimalisir dan dihilangkan. Salah satu caranya paling efektif dengan memperkuat ideologi partai ke seluruh kadernya.

Penegasan itu disampaikan mantan Wakil Ketua Komisi II Ganjar Pranowo. Ia menyatakan, ideologi partai sangat-sangat berpengaruh terhadap korupsi politik yang terjadi selama ini di Indonesia.

Namun, lanjutnya, sebenarnya tergantung orang atau kader partai itu sendiri. Apakah orang itu punya pemahaman untuk menginternalisasikan ideologi partai atau tidak.

"Kalau dia mampu mengaktualisasikan itu (ideologi partai) sih, ok banget. Kan ya tidak semua orang lah," kata Ganjar di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/9/13).

Gubernur Jawa Tengah ini mencontohkan, sebuah keluarga yang terdiri dari 10 orang saudara bisa saja ada satu atau dua orang menjadi menyimpang. Meskipun orang tuanya mendidik mereka secara bersamaan.

Contoh lain, 100 mahasiswa masuk dalam satu universitas dan seluruhnya lolos bisa saja ada dari mereka jadi penjahat. Tapi juga ada orang yang kemudian luar biasa, menjadi ulama, pejabat jujur, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, kata politikus PDIP ini, keseluruhan partai di parlemen saat ini sebenarnya berusaha untuk melawan dan meminimalisir korupsi politik.

"Tapi saya kira dayanya tidak terlalu kuat untuk melawan interest pribadi yang pasti tersembunyi. Karena hanya ada di hati mereka. Dalam hati mana ada yang tahu. Penguatan parpol itu saya yakini itu adalah diklat. Politik itu harus dikaitkan dengan ideologi," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7779 seconds (0.1#10.140)