Aktivis HAM tagih janji SBY tuntaskan kasus Munir

Minggu, 08 September 2013 - 04:01 WIB
Aktivis HAM tagih janji SBY tuntaskan kasus Munir
Aktivis HAM tagih janji SBY tuntaskan kasus Munir
A A A
Sindonews.com - Puluhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) di Malang, Jawa Timur (Jatim) yang terdiri dari berbagai organisasi non pemerintah, aktivis mahasiswa, serta akademisi, menggelar refleksi perjalanan penuntasan kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, 7 September 2004 silam.

Salah satu penggagas acara Luthfi J Kurniawan mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengingatkan kita bersama, agar tidak lupa terhadap kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia, khususnya terhadap kasus Munir.

"Kita menuntut SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) mewujudkan janjinya menuntaskan kasus ini (pembunuhan aktivis Munir)," kata Luthfi kepada wartawan, di Malang, Jatim, Sabtu 7 September 2013.

Menurutnya, selain refleksi perjalanan pengungkapan kasus HAM di Indonesia, peringatan sembilan tahun terbunuhnya Munir, akan diisi dengan orasi HAM, penampilan musik, dan lain-lain. Yang pasti, kata Luthfi, peringatan ini ingin menunjukkan kepada masyarakat masih banyak kasus HAM yang tidak diurus dengan baik oleh negara.

"Dengan terus memperingati melalui berbagai kegiatan juga untuk membangun kesadaran publik untuk terus mengingat kasus ini dan tidak melupakannya dan menagih janji SBY yang menyatakan penuntasan kasus Munir adalah ujian bagi sejarah Indonesia," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5298 seconds (0.1#10.140)