PKB: Miss World ajang diplomasi perdamaian dunia

Jum'at, 06 September 2013 - 17:01 WIB
PKB: Miss World ajang diplomasi perdamaian dunia
PKB: Miss World ajang diplomasi perdamaian dunia
A A A
Sindonews.com - Penyelengaraan ajang Miss World di Indonesia sebaiknya tidak dimaknai secara negatif oleh masyararakat Indonesia. Ajang kontes kecantikan ini dinilai sebagai salah satu sarana diplomasi perdamaian dunia.

"Makanya acara Miss World secara positif kita pandang sebagai diplomasi budaya dan wisata. Kita pandang juga dan kita dorong supaya panitia buat guiden wahana diplomasi perdamaian dunia," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Marwan Djafar, di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Menurut Marwan, itu merupakan hal menarik, ketika di belahan negara lain sedang terjadi pergolakan politik seperti di Timur Tengah. Artinya ini bisa dijadikan momentum untuk menyuarakan perdamaian dunia.

"Dan Indonesia sebagai warga mayoritas muslim bisa jadi pelopor untuk itu," tukas pria yang juga merupakan anggota komisi IV DPR RI ini.

Selain itu, sambung Marwan, kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai ajang untuk mengentaskan kemiskinan melalui berbagai kegiatan sosial. Dimana para peserta Miss World itu bisa dijadikan sebagai duta.

"Itu bisa disuarakan oleh para peserta, saya pikir itu bagus," tuturnya.

Begitu juga dengan penggunaan batik dalam kegiatan tersebut bisa dijadikan sebagai sarana diplomasi budaya secara internasional. Maka kegiatan Miss World ini merupakan sarana yang penting untuk diplomasi internasional tersebut.

"Kita menjunjung tinggi masyarakat kita yang multikulutural, maka acara ini harus kita pandang dari sisi positifnya dan jangan negatifnya, jadi tidak perlu ada pro-kontra. Saya juga mengajak masyarakat secara umum untuk memaknai kegiatan ini secara positif," tuntasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7138 seconds (0.1#10.140)