Wayang laik masuk di kurikulum 2013

Selasa, 27 Agustus 2013 - 02:32 WIB
Wayang laik masuk di kurikulum 2013
Wayang laik masuk di kurikulum 2013
A A A
Sindonews.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mendukung jika pelajaran wayang masuk dalam kurikulum 2013 di DIY.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sebagai warisan budaya yang memiliki nilai dan pesan moral, wayang cukup laik dimasukan dalam materi kurikulum 2013.

"Langkah tersebut perlu dilakukan agar keberadaan wayang tidak dilupakan oleh generasi muda," kata Kadarmanta Baskara Aji, di Yogyakarta, Senin (26/8/2013).

Terkait pembelajaran wayang ini, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Gusti Bendara Pangeran Harya (GBPH) Yudhaningrat mengungkap, agar Disdikpora DIY mau mempertimbangkan wayang untuk dijadikan sebuah mata pelajaran. Target Dinas Kebudayaan DIY sendiri jika memang memungkinkan, implementasinya sudah bisa dilakukan mulai tahun ajaran 2014/2015.

"Kami menginginkan wayang sudah dipelajari sejak di bangku Sekolah Dasar (SD). Harapannya siswa mampu mengerti budi pekerti bernegara dan bermasayarakat yang baik, yang tertuang dalam filosofi pertunjukan wayang," kata Yudhaningrat di Universitas Gajah Mada (UGM) beberapa waktu lalu.

Yudhaningrat mengatakan, sejumlah komunitas masyarakat bahkan telah mengenalkan wayang pada anak usia sekolah, salah satunya melalui wayang kancil. Hanya saja, pengenalan terhadap wayang masih belum dilakukan ke seluruh sekolah. Dan menurutnya, pembelajaran wayang tidak selalu mengarahkan murid untuk menjadi dalang.

"Yang terpenting, siswa mengetahui sifat-sifat pertokohan yang ada dalam wayang, seperti kejujuran, kejahatan, dan kecurangan. Wayang tidak hanya sebagai tontonan tapi juga tatanan karena mengandung cerita mengenai tata cara beragama, menjalani peraturan pemerintahan, menghormati orang tua dan berbangsa serta bermasyarakat," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7834 seconds (0.1#10.140)