Moeldoko tegaskan TNI siap berkontribusi untuk Pemilu 2014

Rabu, 21 Agustus 2013 - 19:20 WIB
Moeldoko tegaskan TNI siap berkontribusi untuk Pemilu 2014
Moeldoko tegaskan TNI siap berkontribusi untuk Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Komisi I DPR RI telah menyetujui Jenderal Moeldoko sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang akan memasuki masa pensiun. Moeldoko pun langsung menegaskan netralitas TNI pada Pemilu 2014 akan tetap terjaga.

"Yang jelas, dalam aturan sudah dijelaskan, prajurit semuanya harus memahami netralitas sebuah keharusan," kata Moeldoko di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Selain menjaga netralitas, Moeldoko juga siap untuk membantu mensukseskan Pemilu 2014 dengan seluruh kemampuan yang dimiliki TNI.

"Kedua, harus bisa berkontribusi positif dalam pemilu. Apabila dalam keterlambatan logistik TNI beri support pesawat dan sebagainya," tuntasnya.

Sebelumnya, setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) selama tujuh jam, akhirnya Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Moeldoko untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang akan pensiun.

Hal ini merupakan lanjutan dari surat pengajuan calon panglima yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke DPR tertanggal 23 Juli 2013. Ketua Komisi I, Mahfud Siddiq mengatakan, persetujuan ini tidak mendapat pertentangan dari seluruh fraksi yang ada di DPR.

"Bahwa sembilan fraksi di Komisi I, setelah menyampaikan pandangannya dan semua fraksi memberikan persetujuan terhadap calon panglima TNI yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Jenderal TNI Moeldoko sebagai panglima TNI," kata Mahfud.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7825 seconds (0.1#10.140)
pixels