Banyak cara cegah penyakit demam berdarah

Sabtu, 27 Juli 2013 - 02:02 WIB
Banyak cara cegah penyakit demam berdarah
Banyak cara cegah penyakit demam berdarah
A A A
Sindonews.com - Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Andi Muhadir mengatakan, untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah, dengan memelihara ikan pemakan jentik seperti ikan cupang.

Selain itu, memasang kawat kasa dan mengatur ventilasi dan pencahayaan dalam ruangan juga harus diperhatikan. Kemudian mengganti air seperti pada vas bunga, tempat minum binatang dan jangan menggantung pakaian dibelakang pintu atau tempat yang dapat menimbulkan potensi nyamuk bersarang.

"Faktor lainnya, dikarenakan mobilitas penduduk yang sangat tinggi, maka banyak faktor kemungkinan nyamuk menggigit banyak orang juga," ucapnya, saat ditemui di Kantor Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2013).

Selain pengendalian dengan cara fogging (pengasapan), juga dapat dilakukan oleh masyarakat. Namun, hal tersebut dapat dilakukan jika suatu wilayah sudah ada yang terjangkit DBD. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan populasi nyamuk dewasa.

Tentunya, masyarakat dapat melaporkan pada petugas puskesmas terdekat untuk meminta fogging, setelahnya petugas kesehatan akan meminta petugas fogging daerah untuk menyemprot. Hal ini merupakan upaya intervensi integrative melalui pengendalian nyamuk dewasa dan jentik.

Menurutnya, jika hal ini dilakukan secara bersama-sama maka akan menjadi berhasil. "Jangan dilakukan jika belum terjadi kasus, karena nyamuk akan kebal jika sering terkena asap fogging," paparnya.

Kondisi badan dan imun dalam tubuh juga berpengaruh. Menurut Andi, pada gigitan pertama, nyamuk dengue saat sistem imun tubuh baik maka tidak akan berpengaruh apa-apa. Hal ini tidak akan berpengaruh pda tubuh seseorang yang lemah kala itu.

Menjaga kebersihan dan kesehatan adalah kunci utama sebelum terjadi pada tingkat parah selanjutnya. Yang terpenting saat ini usahakan agar nyamuk tidak ada. "Istirahat yang cukup, jaga kebersihan dan jangan memelihara genangan air," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5575 seconds (0.1#10.140)