Elite Polri bintang 2 berpeluang jadi calon Kapolri

Jum'at, 26 Juli 2013 - 14:07 WIB
Elite Polri bintang 2 berpeluang jadi calon Kapolri
Elite Polri bintang 2 berpeluang jadi calon Kapolri
A A A
Sindonews.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Timur Pradopo dalam waktu dekat ini akan memasuki masa pensiunnya. Secara de jure, Timur seharusnya pensiun pada Januari 2014, namun semua keputusan ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memiliki kapasitas untuk menurunkan dan menaikkan Kapolri.

Untuk itu, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyiapkan beberapa nama untuk menggantikan Jenderal Timur sesuai dengan keinginan SBY. Kompolnas pun melakukan berbagai tes dan syarat-syarat, untuk calon pengganti Kapolri, salah satu syaratnya harus anggota Polri yang sudah memiliki bintang tiga.

Komisioner Kompolnas, Edi S Hasibuan membenarkan, bahwa pengganti Kapolri, Jenderal Timur Pradopo harus memiliki pangkat bintang tiga. Namun, Edi mengatakan, Kompolnas tidak menutup kemungkinan jika ada bintang dua yang tiba-tiba naik pangkat langsung bintang tiga.

Oleh karena itu, Kompolnas juga menyiapkan opsi nama lain, meskipun baru bintang dua. "Ada bintang dua juga, karena kita anstisipasi bakal ada bintang dua yang bakal naik ke bintang tiga," kata Edi dalam pesan singkatnya kepada Sindonews, Jumat (26/7/2013).

Edi mengatakan, bintang dua yang sudah disiapkan oleh Kompolnas, selain Irjen Pol Putut Bayuseno, ada Anas Yusuf, Barudin Aiti dan Puji Hartanto. Keempat nama bintang dua ini diyakini oleh Edi bisa bertarung melawan bintang tiga, jika dilihat dari rekam jejaknya. "Bukan hanya Putut. Tapi ada juga Barudin Aiti, Anas Yusuf dan Puji Hartanto," tandas Edi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8453 seconds (0.1#10.140)
pixels