Penelitian siswa tak kalah canggih dengan mahasiswa

Rabu, 24 Juli 2013 - 00:18 WIB
Penelitian siswa tak kalah canggih dengan mahasiswa
Penelitian siswa tak kalah canggih dengan mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Dibanding beberapa tahun lalu, kemampuan meneliti siswa SMA/SMK di DIY semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan produk yang dihasilkan, serta berbagai penghargaan yang diperoleh dalam kegiataan kejuaraan sains baik level nasional maupun internasional.

"Perkembangan meneliti siswa saat ini memang tak bisa dijauhkan dengan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet," kata Dosen Teknik Elektro Universitas Gajah Mada (UGM) Ridi Ferdiana, di Yogyakarta, Selasa (23/7/2013)

"Hasil penelitian mereka bahkan bisa disejajarkan dengan para mahasiswa. Hanya saja karya mereka masih perlu penyempurnaan. Ini bisa dilakukan setelah mereka duduk di bangku kuliah," imbuhnya.

Dalam kegiatan pameran penelitian Teladan Science Day (TSD) di SMA Negeri 1 Yogyakarta, Ridi yang bertindak sebagai juri ini menuturkan, internet memang menjadi salah satu media yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam penelitian.

Menurutnya, informasi dalam media massa internet mampu menginspirasi para siswa dalam membuat suatu karya penelitian. "Di DIY, untuk sarana prasarana tidak terlalu mengkhawatirkan, karena sesuatunya sudah sejalan dengan kebijakan pemerintah, sehingga arah penelitian siswa sudah cukup baik. Hanya saja, hasilnya masih berbeda-beda antara sekolah satu dengan yang lain karena sarana dan prasarana setiap sekolah yang berbeda-beda," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7425 seconds (0.1#10.140)