TSC ragukan Bung Karno miliki Istana Presiden di Jogya

Rabu, 17 Juli 2013 - 07:15 WIB
TSC ragukan Bung Karno...
TSC ragukan Bung Karno miliki Istana Presiden di Jogya
A A A
Sindonews.com - The Sukarno Center (TSC) meragukan rumah yang terletak di Jalan Patangpuluhan, Jogyakarta yang diklaim sebagai peninggalan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno sebagai Istana Kepresidenan.

Menurut President TSC Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa III, berdasarkan sejarah Jogyakarta pernah menjadi Ibu Kota.

"Jika memang Presiden Soekarno memiliki Istana Kepresidenan, pastinya berlokasi di salah satu kraton Jogyakarta. Tidak mungkin di sebuah rumah," kata Gusti kepada Sindonews.com mellaui telpon, Selasa (16/7/2013) malam.

Dia menduga rumah tersebut adalah rumah kerabat atau sahabat Bung Karno. dan kebetulan Bung Karno pernah menginap di rumah tersebut yang kemudian diklaim oleh ahli waris bahwa rumah tersebut adalah rumah yang bersejarah.

"Kebetulan Bung Karno adalah Presiden yang memperjuangkan kemerdekaan, sehingga Bung Karno selalu berpindah tempat," ungkapnya.

Gusti menambahkan, berdasarkan sejarah Bung Karno jarang mengunjungi dan tinggal di Jogyakarta. Bung Karno, lanjutnya, lebih banyak tinggal di Bandung dan lokasi pembuangan.

"Rumah tersebut harus dibuktikan oleh ahli sejarah," imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)