ICW akui terima dana dari asing

Sabtu, 06 Juli 2013 - 22:38 WIB
ICW akui terima dana dari asing
ICW akui terima dana dari asing
A A A
Sindonews.com - Ketua Bidang Hukum Indonesian Coruption Watch (ICW) Emerson Yunto menegaskan dana asing yang diterima lembaganya bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

Emerson mengakui, pihak ICW memang menerima dana dari asing, namun dana tersebut bersifat dana pendukung (support). Sebaliknya, ICW, tidak sedikitpun menerima dana dari APBN maupun ABPD.

"Berkaitan soal dana asing, ICW punya dana dari publik dan dari donor asing. Tapi, support dana itu bisa dipertanggung jawabkkan," kata Emerson, di Cikini, Jakarta, Sabtu (6/7).

Dia menyampaikan, pihaknya telah mengumumkan ke publik melalui webset pribadi milik ICW menyangkut sumber dana yang diterima. Hal itu, lanjut pria yang biasa disapa Eson ini, bagian dari upaya pertanggung jawaban ICW soal sumber dana yang diterimanya. "Kita umumkan ke website," tegas Emerson.

Pernyataan ini disampaikan Eson, terkait dengan adanya ungkapan dari anggota DPR, Nudirman Munir yang menuding ICW telah menyalahgunakan dana yang diperoleh dari asing. Dana sebesar RP450 juta yang diterima ICW dari Wali Kota New York, Michael bloomberg harusnya bukan dipakai untuk melakukan pembusukan terhadap parlemen RI.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, dana bantuan asing itu harusnya digunakan untuk kampanye antitembakau.

"Menurut saya dana itu dipakai untuk pembusukan kepada parlemen, karena ada kepentingan asing di situ. Prinsipnya, tidak ada makan siang yang gratis," ujar Nurdiman, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2013).
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)