Harta karun bawah laut rentan dicuri

Kamis, 04 Juli 2013 - 02:03 WIB
Harta karun bawah laut rentan dicuri
Harta karun bawah laut rentan dicuri
A A A
Sindonews.com - Potensi ekonomi yang sangat besar berupa harta karun dari benda muatan kapal tenggelam (BMKT) di wilayah perairan Indonesia rentan dicuri. Meskipun ada moratorium pengangkatan, ada sejumlah modus yang dilakukan pihak yang bermaksud mencuri benda bernilai tinggi itu.

Kepala Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto menerangkan, saat ini ada beberapa kementerian yang mengelola masalah BMKT berikut dengan sejumlah aturan yang berlaku.

Misalnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Prakteknya di lapangan, mereka (pencuri) beralasan melakukan kegiatan wisata bawah air,” ujarnya di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Karena itu, pihaknya mulai serius menggarap penanganan masalah ini. Sekarang ini pihaknya sedang mempertemukan seluruh stakeholder yang ada untuk mediskusikan mana BMKT yang bisa dibicarakan lebih lanjut dan siapa yang tepat menangani BMKT tersebut?.

“Jadi supaya kalau ada eksplorasi terhadap kekayaan bawah laut kita, itu dilakukan secara benar dan pihak yang menangani juga benar. Supaya kalaupun ada harta karun yang ada di situ, tidak lalu menjadi milik orang lain atau orang asing, tapi milik kita. Itu penting,” tegas Djoko.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4951 seconds (0.1#10.140)