Geledah rektorat UI, KPK cari tersangka lain

Kamis, 27 Juni 2013 - 14:42 WIB
Geledah rektorat UI,...
Geledah rektorat UI, KPK cari tersangka lain
A A A
Sindonews.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, membenarkan adanya penggeledahan di kantor rektorat Universitas Indonesia (UI).

Penggeledahan itu dilakukan untuk memperdalam dugaan kasus korupsi proyek pembangunan dan instalasi IT perpustakaan UI, dengan tersangka Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum UI Tafsir Nurchamid.

Tak hanya kepada tersangka, namun penggeledahan juga dilakukan untuk mencari ada atau tidaknya keterlibatan pihak lain dalam perkara tersebut.

"Tentunya pertama diarahkan kepada tersangka. Kemudian dari hasil penggeledahan itu, biasanya ada hal yang kami dapatkan seperti bukti fakta yang memberi arah tentang keterlibatan seseorang atau orang lain," kata Samad di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Samad melanjutkan, dengan adanya penggeledahan di ruang rektorat UI, merupakan bukti penyidik tidak berhenti dengan satu tersangka dalam kasus tersebut.

"Tapi paling tidak dengan adanya penggeledahan ini menunjukkan keseriusan KPK membongkar kasus UI lebih jauh. Jadi lebih komprehensif. Jadi tidak hanya berhenti kepada penetapan tersangka seorang wakil rektor saja," tuntasnya.

Seperti diberitakan Sindonews, KPK melakukan penggeledahan di kantor rektorat UI hari ini guna mencari barang bukti dugaan korupsi di universitas tersebut.

Dari penggeledahan itu KPK menyita sejumlah dokumen dari kantor rektorat UI. Kasubdit Pembinaan Lingkungan Kampus UI Dadan Erwandi membenarkan adanya penggeledahan tersebut.

"Betul, bukan penggeledahan, hanya ambil berkas di kantor pengadaan lantai 3 rektorat, jam 10.00 WIB tadi," ungkap Dadan di kampus UI, Depok.

Dadan menegaskan, kedatangan KPK tertutup untuk media massa. Sementara pihak universitas ikut mendampingi sebagai saksi.

"Tentu ada dong pihak kampus yang menerima kedatangan KPK. Sebagai saksi, tadi diterima oleh Sekretaris Universitas Pak Ketut Sulanjaya," jelasnya.

Sementara itu, besok pihak kampus UI akan merombak kabinet pimpinan UI secara besar-besaran. Penggantian kepemimpinan dilakukan dari mulai wakil rektor I, II, III, hingga sekretaris universitas.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)