Konvensi Demokrat tiru Amerika Serikat

Minggu, 16 Juni 2013 - 19:46 WIB
Konvensi Demokrat tiru Amerika Serikat
Konvensi Demokrat tiru Amerika Serikat
A A A
Sindonews.com - Ketua DPP Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsudin mengklaim jika sistem penjaringan calon presiden (Capres) yang akan dilakukan partainya mampu untuk mengurangi jumlah Golput di Pemilu 2014.

"Perpolitikan beberapa tahun ini, pengamatan kami gairah publik semakin rendah atas hingar binar politik. Mungkin golput makin banyak, partisipasi publik berkurang," kata Didi di Gallery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2013).

Dia melanjutkan, dengan mekanisme konvensi bisa membuat publik lebih memiliki banyak pilihan dari tokoh-tokoh nasional yang selama ini mengajukan diri sebagai Capres.

"Padahal publik tahu banyak figur yang sesungguhnya berbobot. Tapi nampaknya figur ini tidak dapat dipromosikan. Kurang didengar publik," terangnya.

"Dalam konvensi ini, rumusan sedang digodok mungkin Juli-Agustus kita sudah ada tim dibentuk metode dan sistemnya. Sehingga dalam menyaring, mendapatkan orang terbaik. Dilakukan semi terbuka saat menyaring, membuka peluang orang terbaik, nanti dipilih oleh komite yang dibentuk partai. Melibatkan DPP, majelis tinggi dan masukan masyarkat," lanjutnya.

Anggota Komisi III ini pun mengungkapkan jika pola konvensi yang dilakukan partai berlambang bintang mercy meniru dengan yang diadakan di Amerika Serikat.

"Kita ambil referensi konvensi di Amerika Serikat yang sudah lama dan menurut saya sangat bagus. Pemilihan Barrack Obama dengan konvensi dan partisipasi publik yang luar biasa dari dua partai besar di sana. Kami juga belajar negara-negara maju di Eropa dan Australia di samping Amerika," tutupnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5651 seconds (0.1#10.140)