Pendaftara​n SIMAK UI diperpanja​ng hingga 10 Juni

Jum'at, 07 Juni 2013 - 19:57 WIB
Pendaftara​n SIMAK UI diperpanja​ng hingga 10 Juni
Pendaftara​n SIMAK UI diperpanja​ng hingga 10 Juni
A A A
Sindonews.com - Pendaftaran Mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) diperpanjang hingga 10 Juni 2013.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada laman www.penerimaan.ui.ac.id. SIMAK UI merupakan pintu masuk terakhir bagi siswa/i SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke UI baik itu untuk program pendidikan Vokasi (D3) maupun Sarjana (Regular, Kelas Paralel, Kelas Internasional).

"Pada tahun 2013, seluruh mahasiswa yang diterima di UI pada program pendidikan S1 Reguler (baik melalui jalur masuk SNMPTN, SBMPTN maupun SIMAK UI) berkesempatan bebas uang pangkal sebab uang pangkal seluruh mahasiswa S1 Reguler telah dibayarkan oleh UI dengan menggunakan dana BOPTN (Biaya Operasional PTN)," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Jumat (7/6/2013).

Selain itu, kata dia, biaya operasional pendidikan (BOP) S1 Reguler menggunakan metode berkeadilan dimana uang kuliah akan disesuaikan dengan kemampuan finansial orangtua/wali mahasiswa.

Kata dia, UI mengikuti ketetapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT) pada BOP yang dibayarkan per semester oleh mahasiswa S1 Reguler melalui jalur manapun. Adapun uang kuliah/BOP di UI adalah sebagai berikut :

1. Jurusan IPA (FK, FKG, FT, FASILKOM, FMIPA, FKM, FIK, F.Farmasi): Rp0–Rp7.500.'
2. Jurusan IPS (FH, F.PSI, FISIP, FIB, FE): Rp0–Rp5.000.000.'

Menurut Farida, besaran uang kuliah mahasiswa S1 Reguler terdiri dari ambang batas bawah (minimal) dan ambang batas atas (maksimal) sehingga orangtua/wali mahasiswa dapat menentukan sendiri kesanggupan biaya pendidikan sesuai dengan rentang biaya yang tertera di atas.

"Sebagai institusi pendidikan negeri, UI memiliki peran dalam meratakan pendidikan demi terciptanya The Knowledge Society. Oleh karena itu, komitmen pimpinan UI, tidak boleh ada mahasiswa UI yang tidak dapat melanjutkan kuliah hanya karena kesulitan membayar biaya pendidikan," tuturnya.

Dikatakan Farida, UI memberi kesempatan yang sama dan seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa berkompetisi dengan kemampuan akademis melalui seleksi/ujian (bukan kemampuan ekonominya).

Ujian SIMAK UI akan dilaksanakan serempak pada 30 Juni 2013 di 17 kota di Indonesia.

"Misalnya Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Cirebon). Dan pengumuman dilakukan pada 19 Juli 2013," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5001 seconds (0.1#10.140)