Cara mengikuti SMBPTN dengan pilihan ITS Surabaya

Senin, 03 Juni 2013 - 17:13 WIB
Cara mengikuti SMBPTN dengan pilihan ITS Surabaya
Cara mengikuti SMBPTN dengan pilihan ITS Surabaya
A A A
Sindonews.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka secara daring (online). Ada 61 perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa, salah satunya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur.

SBMPTN 2013 merupakan satu cara bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK yang berasal dari seluruh Indonesia dan lulus tahun 2011, 2012, atau 2013, untuk masuk ke perguruan tinggi negeri termasuk ITS. Seleksi SBMPTN menggunakan pola seleksi ujian tertulis atau ketrampilan.

Jalur SBMPTN di ITS menerima semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali calon peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri.

Sebagai institut teknologi, ITS hanya menerima calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK dari jalur eksakta. Kecuali untuk empat program studi yaitu Desain Produk dan Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistim Informasi, dan Managemen Bisnis, bisa menerima calon mahasiswa dari jalur non-eksakta dengan memilih Kelompok Ujian Saintek atau Campuran.

Secara umum pada jalur SBMPTN setiap calon mahasiswa dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi. Untuk dapat masuk ke ITS, calon mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia akan bersaing ketat, mengingat ITS merupakan salah satu institut teknologi milik pemerintah yang paling diminati.

Berikut adalah program studi dari lima fakultas di ITS yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa SBMPTN 2013:

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dengan pilihan prgram studi fisika, matematika, statistika, kimia, dan biologi.

2. Fakultas Teknologi Industri (FTI): dengan pilihan program studi teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik fisika, teknik Industri, teknik material dan metalurgi, manajemen bisnis, teknik multi media dan jaringan. Dua program studi terakhir adalah program studi baru yang diselenggarakan di ITS.

3. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP): dengan program studi teknik sipil, arsitektur, teknik lingkungan, desain produk industri, teknik geomatika, perencanaan wilayah dan kota, teknik geofisika.

4. Fakultas Teknologi Kelautan (FTK): teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, double degree marine engineering, teknik kelautan, transportasi laut.

5. Fakultas Teknologi Informasi (FTIF): dengan program studi teknik informatika dan sistem informasi

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN 2013 dengan tujuan ITS, ada dua ketentuan yang diberlakukan yakni calon mahasiswa mengalami buta warna dam tuna rungu.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4097 seconds (0.1#10.140)