SBMPTN dibuka, hati-hati dengan penipuan

Senin, 03 Juni 2013 - 16:02 WIB
SBMPTN dibuka, hati-hati dengan penipuan
SBMPTN dibuka, hati-hati dengan penipuan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan pembukaan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).Calon mahasiswa diharap mewaspadai berbagai cara penipuan dalam proses SBMPTN.

Sebagaimana diumumkan dalam laman resmi yang dibuat pemerintah yakni www.sbmptn.or.id, panitia SBMPTN memiliki akun resmi di jejaring media sosial Twitter melalui akses @PanitiaSBMPTN, di Facebook melalui akses http://facebook.com/PanitiaSBMPTN, di layanan telepon langsung melalui akses 0804-1-456-456, atau melalui laman internet resmi ini.

Selain akun media sosial yang disebutkan di atas, adalah akun ilegal atau tidak resmi dari pemerintah yang berpotensi melakukan penipuan terhadap calon mahasiswa perguruan tinggi negeri.

"Hati-hati terhadap penipuan! Panitia SBMPTN tidak memiliki akun di Facebook atau Twitter selain yang tertera di bawah. Semua akun yang mengatasnamakan panitia SBMPTN selain yang tertera di bawah adalah palsu," sebagaimana dikutip laman sbmptn.or.id.

Sebagaimana diberitakan, Kemendikbud mengumumkan pembukaan pendaftaran SBMPTN secara daring (online) mulai 13 Mei-7 Juni 2013. Setelah pendaftaran SBMPTN secara daring ditutup, panitia akan menggelar Ujian tertulis SBMPTN pada 18-19 Juni 2013, dan mengumumkan hasil SBMPTN pada 12 Juli 2013. SBMPTN tahun ini diikuti oleh 61 perguruan tinggi negeri, ditambah IAIN Wali Songo Semarang.

Pada tahun ini semua peserta SBMPTN dapat memilih tiga program studi. Kelompok ujian Saintek dapat memilih program studi studi sains dan teknologi. Kelompok ujian Sosial Humaniora dapat memilih program studi dari kelompok studi Sosial dan Humaniora. Kelompok ujian Campuran dapat memilih program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok Saintek dan Sosial Humaniora.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)