Hubungan TNI-US Army terjalin baik

Senin, 03 Juni 2013 - 14:28 WIB
Hubungan TNI-US Army terjalin baik
Hubungan TNI-US Army terjalin baik
A A A
Sindonews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam beberapa waktu terakhir telah memanfaatkan bantuan militer sejumlah negara asing, dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Kali ini pun TNI, US Army, dan militer Australia untuk ke enam kalinya melakukan latihan bersama penanggulangan bencana alam. Tim militer yang diberi nama United States Army Pasific Command (USARPAC) ini akan melakukan skenario penangggulangan bencana dari tanggal 3-5 Juni di pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

TNI yang melibatkan militer asing dalam misi penanggulangan bencana asing dipertanyakan. TNI beralasan, keterlibatan dua militer asing tersebut hanya dalam latihan gabungan penanggulangan bencana alam. Dalam penanggulangan bencana alam yang sesungguhnya, tentu TNI akan menangani sendiri.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Panglima TNI Mayjen TNI Meris. Menurutnya, pemilihan US Army sebagai salah satu mitra latihan mereka, karena latihan ini sudah dilakukan bersama sebanyak enam kali sejak beberapa tahun sebelumnya. Meris mengakui hubungan TNI, US Army, dan militer Australia, terjalin baik.

“Kita sudah enam kali bersama Amerika Serikat, dan kita juga sudah pernah dengan Jepang,“ kata Meris di Sentul, Jawa Barat, Senin (3/6/2013).

Meris pun kemudian mengatakan, TNI tidak akan menutup diri jika kemudian ada militer dari negara lain yang berniat untuk ikut latihan bersama mereka dalam penanganan bencana alam.

“Kita tidak menutup kerjasama dengan tentara manapun dan kita sudah terlibat dalam kancah internasional. TNI sangat membuka negara lain melaksanakan latihan dengan masalah bencana alam ini,“ pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7736 seconds (0.1#10.140)