Hentikan diskriminasi pada anak disabilitas

Jum'at, 31 Mei 2013 - 04:28 WIB
Hentikan diskriminasi pada anak disabilitas
Hentikan diskriminasi pada anak disabilitas
A A A
Sindonews.com - Keterbatasan penyandang anak disabilitas berdampak pada perlakuan diskriminasi baik di keluarga maupun di masyarakat. Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Aljufri mengatakan, pemerintah berupaya mengubah keadaan tersebut.

Menurutnya, penyandang disabilitas sering tidak nampak di lingkungannya, karena berada di suatu tempat asuhan yang tidak memiliki pendidikan, perawatan medis, dan emosional memadai sehingga mereka mengalami tindakan kekerasan dan perlakuan salah.

"Kita butuhkan komitmen yang terbuka untuk mengurangi dampak signifikan terhadap kondiis anak disabilitas," ujar dia, di Kementerian Sosial, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Salim mengatakan, pemantauan dan pelaksanaan Konvensi Hak Anak dan Konvensi Hak Penyandang Disabilitas perlu menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan oleh semua pihak.

Lanjut dia, anak-anak disabilitas memiliki potensi yang patut dibanggakan, namun sering dibatasi oleh sikap sosial yang fokus pada kekurangan, bukan pada kelebihan mereka. Itulah yang menjadikan anak-anak penyandang disabilitas paling rentan tindak diskriminasi dan tidak mendapat perhatian.

"Laporan tentang anak penyandang disabilitas memberikan statistik penting dan terbaru terkait berbagai masalah yang mempengaruhi anak-anak seperti kematian anak, gizi, pendidikan, air dan sanitasi, dan perlindungan anak," tegasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7487 seconds (0.1#10.140)