Situs pemerintah diserang hacker

Selasa, 28 Mei 2013 - 13:03 WIB
Situs pemerintah diserang hacker
Situs pemerintah diserang hacker
A A A
Sindonews.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mencatat aksi serangan peretas (hacker) ke situs milik pemerintah mengalami peningkatan hingga seratus persen.

Bahkan, tercatat setidaknya ada 40 juta kali serangan hacker yang terjadi pada 2012.

Tifatul mengatakan tingginya angka serangan hacker membuat pemerintah melakukan peningkatan pengawasan internet. Langkah tersebut diambil mengingat serangan ini sudah masuk pada tahap yang mengkhawatirkan.

"Semua situs milik pemerintah sudah diserang. Pelakunya pun mayoritas dari luar negeri," kata Tifatul kepada Wartawan di kantor Telkom Kota Ternate, Selasa, (28/05/2013).

Untuk itu Tifatul berharap, pengawasan internet di Indonesia penting dilakukan. Menurutnya, situs milik pemerintah yang paling banyak diserang adalah situs milik pemerintah daerah.

"Bahkan, situs presiden.go.id dan juga ke situs resmi Kepolisian Republik Indonesia pun sudah diserang," tambahanya.

Dengan langkah pengawasan internet tersebut merupakan kebijakan yang bertujuan memperkuat pertahanan negara di dalam dunia maya.
Tetapi situs pemerintah belum saling terkoneksi menjadi satu.

Salah satu contoh serangan ke situs pemerintah, adalah ke situs presiden.go.id dan juga ke situs resmi Kepolisian Republik Indonesia. Untuk itu, pemerintah harus memperkuat pertahanan dalam dunia maya.

Lebih lanjut Tifatul, saat ini subscriber internet di Indonesia tercatat telah mencapai 63 juta Internet Protocol (IP). Satu Internet Protocol digunakan oleh tiga hingga empat orang.

"Kami memprediksi memperkirakan ada 200 juta pengguna Internet di Indonesia saat ini. Dan jumlah itu terus meningkat setiap tahunnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5232 seconds (0.1#10.140)