Ini 3 penilaian Polri terkait media

Senin, 22 April 2013 - 13:32 WIB
Ini 3 penilaian Polri terkait media
Ini 3 penilaian Polri terkait media
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memiliki pandangannya terhadap pengaruh media dalam pemberitaan.

Kepala Biro Pengawasan Penyidikan Bareskrim Polri, Brigjen Pol Ronny Sompie mengatakan, masing-masing media, baik milik pemerintah dan swasta, memiliki kinerja yang diatur sendiri oleh perusahaan.

"Oleh karena itu, kita harus melihat latar belakang kepemilikan media masa dan melihat sepak terjang media massa tersebut dalam pemberitaan," ungkap Ronny dalam acara seminar di Gedung PTIK, Jalan Tirtayasa Raya, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2013).

Ronny memaparkan, setidaknya ada tiga hal yang digunakan media untuk mempertahankan eksistensi. Pertama, media bertujuan meraih keuntungan ekonomi yang sebanyak-banyaknya bagi perusahaan dan karyawan.

"Kedua, media ingin memiliki kekuasaan dan menguasai secara politik, baik leading terhadap media lain. Maupun leading terhadap semua pemangku kepentingan yang terkait media massa," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk eksistensi media yang ketiga adalah, media akan memberi dukungan kepada siapa yang berani bicara. "Itu yang saya lihat berdasarkan pengamatan. Oleh karena itu, kalau kita bicara secara teoritis, Polri tidak bisa menyesuaikan diri dengan kinerja media di atas," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)