Polri klaim sudah tangani premanisme sebelum Cebongan

Kamis, 11 April 2013 - 19:42 WIB
Polri klaim sudah tangani...
Polri klaim sudah tangani premanisme sebelum Cebongan
A A A
Sindonews.com - Mabes Polri mengklaim, telah menangani kasus premanisme di masyarakat sebelum terjadinya penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan, Sleman, Yogyakarta, hingga harus menewaskan empat narapidana.

"Untuk premanisme coba apa yang sudah dilakukan Polri sebelum kasus Cebongan. Coba dilihat apakah selama ini Polri berdiam diri dalam menangani premanisme, tentu tidak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Raffi Amar di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2013).

Menurut Boy Rafli, kasus premanisme kembali terjadi lantaran masalah kesejahteraan di masyarakat yang belum tercapai sehingga hal itu kembali terulang. Menurutnya, penuntasan preman bukan tanggung jawab polisi semata, namun harus ada kerja sama dari semua pihak.

"Premanisme ini hadir dari masalah sosial, tentu tidak bisa dilakukan oleh penegakkan hukum semata, tetapi dengan sosialisasi kepada masyarakat dengan terpadu agar mereka bisa mendapatkan kesejahteraan," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, karena itu agar tidak terulang, dirinya meminta kepada masyarakat untuk saling mengayomi satu dengan yang lainnya, sehingga tidak menimbulkan bibit baru permasalahan preman.

"Jadi premanisme ini sangat kompleks sekali, makanya peranan masyarakat untuk mengayomi mereka sangat diperlukan," tuntasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0819 seconds (0.1#10.140)