Indonesia sedang alami transisi cuaca

Selasa, 09 April 2013 - 15:27 WIB
Indonesia sedang alami...
Indonesia sedang alami transisi cuaca
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan penelitian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena terjadinya cuaca buruk berupa hujan lebat di beberapa daerah Indonesia, masih dalam taraf wajar.

Diketahui, fenomena buruknya cuaca tersebut, terjadi di bagian barat dan tengah yang meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi bagian selatan pada minggu pertama bulan April.

"Hal ini masih terbilang normal, dan masyarakat tidak perlu khawatir," kata Kepala BMKG Sri Woro B Harijono, di Kantor Pusat BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2013).

Menurutnya, kondisi tersebut karena saat ini cuaca sedang mengalami masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau, ataupun sebaliknya. Hal itu disebabkan adanya pergeseran pemanasan matahari, yang menyebabkan terjadinya perubahan pola interaksi dari faktor utama penggerak dinamika atmosfer di wilayah Indonesia.

"Faktor gangguan cuaca yang cukup dominan pada minggu pertama bulan April lalu adalah munculnya gelombang Rosby Equator di wilayah perairan Samudera Hindia sebelah timur," pungkasnya.

Sebelumnya, BMKG mengungkapkan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, untuk jangka waktu satu minggu ke depan, wilayah Indonesia menunjukkan adanya aktivitas Osilasi Madden Julian (MJO).

Diketahui, MJO merupakan osilasi yang berperiode 40-50 hari, dalam beberapa kasus bisa melebar menjadi 30-60 hari. Gugus awan konveksi diproduksi di atas Sumudera Hindia (sebelah barat Indonesia), kemudian bergerak ke arah timur sepanjang ekuator untuk menempuh satu siklus putar dengan periode 40-50 hari.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)