KLB Demokrat, SBY siapkan 2 skenario

Jum'at, 29 Maret 2013 - 16:14 WIB
KLB Demokrat, SBY siapkan 2 skenario
KLB Demokrat, SBY siapkan 2 skenario
A A A
Sindonews.com - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyiapakan dua skenario pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat. Skenario itu digunakan SBY untuk mempunyai ketua umum (Ketum) partai yang mudah diatur olehnya.

"Skenario pertama SBY diwacanakan jadi Ketum (ketua umum), untuk menjadi tirai munculnya the real Ketum saat KLB. Artinya, SBY jadi tameng untuk menciptakan situasi kondusif pra KLB," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto kepada Sindonews, Jumat (29/3/2013).

Hal tersebut, menurut dia, agar memudahkan langkah SBY untuk orangnya sebagai Ketum Demokrat. Karena, kata dia, meski SBY tidak jadi Ketum tapi dia tetap memegang kendali Ketum.

"Sehingga mudah bagi SBY untuk memuluskan figur yang bisa dikendalikan SBY untuk nantinya dipilih di KLB," katanya.

Pada skenario selanjutnya, kata Gun Gun, SBY benar-benar ingin menjadi Ketum Demokrat untuk menyelamatkan keluarga, dan partainya. Tapi dibalik itu semua, SBY sama saja dengan mengucilkan jabatannya sebagai kepala negara.

"Skenario kedua, SBY benar-benar jadi Ketum karena pertimbangan tak mau ambil resiko partai babak belur dilanda konflik internal. Dengan resiko terbesar dia dianggap terjebak pengerdilan perannya," tukasnya.

Sekadar diketahui, bursa calon Ketum Partai Demokrat semakin memanas menjelang digelarnya KLB di Bali akhir bulan ini. Sejumlah nama bermunculan dan diprediksi menjadi kandidat Ketum menggantikan Anas Urbaningrum.

Dari kalangan internal, di antaranya, Ketua DPR Marzuki Alie, Wasekjen Demokrat Saan Mustopa, mantan Ketum demokrat Hadi Utomo, istri Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ani Yudhoyono, dan putra bungsu SBY, yang juga Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Selain itu ada mantan Ketua DPC Cilacap Tri Dianto yang juga akan maju sebagai Demokrat I, serta Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua akan meramaikan calon Ketum Demokrat nanti.

Sementara, dari kalangan eksternal Partai Demokrat muncul nama adik ipar SBY yang juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Menkopolhukam Djoko Suyanto.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3367 seconds (0.1#10.140)