Refly: Dahlan Iskan harus menghormati panggilan DPR

Sabtu, 23 Maret 2013 - 04:29 WIB
Refly: Dahlan Iskan harus menghormati panggilan DPR
Refly: Dahlan Iskan harus menghormati panggilan DPR
A A A
Sindonews.com - Pengamat Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan, pada intinya seorang harus menghormati panggilan dari wakil rakyat. Normatifnya, DPR harus mempunyai managemen pemanggilan menteri yang terkait dengan jadwal serta substansinya.

"DPR tidak boleh memanggil dalam substansi yang sama kecuali substansinya berbeda," tandasnya saat dihubungi Sindonews, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, sepanjang dua syarat tersebut dipenuhi oleh DPR, tidak ada alasan untuk Menteri BUMN Dahlan Iskan mangkir dari panggilan. Kecuali memang ada alasan lain, karena ada komisi yang berbeda memanggil.

Menteri Dahlan yang dikenal kontroversial dalam tindak tanduknya, kata Refly, terlebih track record Dahlan yang melaporkan oknum DPR yang memeras BUMN hubungan mereka terlihat belum pulih.

Dia mengatakan, tidak diketahui motif DPR memanggil Dahlan Iskan atau motif Dahlan mangkir dari panggilan DPR. Namun, hal ini mudah dilihat dari mekanisme formal pemanggilannya. Apakah sesuai prosedur dan substansinya terkait dengan komisi yang bersangkutan.

"Dari pada susah lebih baik penuhi saja panggilanya. Jika tidak ada apa-apa tentunya tidak ada masalah. Malahan Dahlan bisa jadikan DPR forum klarifikasi," ujarnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8337 seconds (0.1#10.140)