Maju Ketum Demokrat, 3 syarat untuk Saan Mustopa

Minggu, 17 Maret 2013 - 22:00 WIB
Maju Ketum Demokrat, 3 syarat untuk Saan Mustopa
Maju Ketum Demokrat, 3 syarat untuk Saan Mustopa
A A A
Sindonews.com - Ada tiga syarat untuk Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Saan Mustopa, jika maju sebagai calon Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat di Kongres Luar Biasa (KLB).

"Pertama, dia (Saan harus) mendapatkan restu dari SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) untuk maju (sebagai calon Ketum Demokrat)," kata Peneliti Founding Fathers House (FFH) Dian Permata kepada Sindonews, Minggu (17/3/2013).

Restu SBY itu, kata dia, untuk menghilangkan istilah bayi yang tidak diharapkan, seperti Anas Urbaningrum. "Iyah," tandasnya.

Selanjutnya, kata pria jebolan Universitas Jayabaya ini, harus mendapatkan simpati dari DPC dan DPD yang sebelumnya mendukung mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum yang terpilih di Kongres Demokrat Bandung, Jawa Barat. "Kedua, dia bisa menghimpun kembali kekuatan pendukung Anas di konggres Bandung," tambahnya.

Kemudian, dia mengatakan, hal yang terakhir yang harus dipenuhi Saan adalah, tidak terbukti terlibat kasus korupsi. "Ketiga, dia (Saan) dapat membuktikan bahwa dirinya tidak terlibat dalam sejumlah kasus korupsi yang disangkakan M Nazaruddin atau yang lainnya," kata dian.

Sebelumnya, pengamat komunikasi politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Iding R Hasan mengatakan, majunya Saan Mustopa menuju Demokrat I akan mengalami permasalahan yang besar. Pasalnya, Saan dikenal sebagai loyalis Anas, hal itu akan dijegal dari kubu yang tidak suka dengan Anas.

Tetapi, permasalahan itu akan dapat diatasi jika Saan mendapatkan dukungan suara dari DPC dan DPD yang sebelumnya mendukung Anas Urbaningrum di Kongres Demokrat Bandung, Jawa Barat.

"Kalau dia (Saan) bisa memegang DPC dan DPD Demokrat yang dulu dukung Anas peluangnya (Saan) besar (untuk menang)," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4385 seconds (0.1#10.140)