KLB pemilihan Ketum Demokrat hanya formalitas

Senin, 11 Maret 2013 - 05:02 WIB
KLB pemilihan Ketum Demokrat hanya formalitas
KLB pemilihan Ketum Demokrat hanya formalitas
A A A
Sindonew.com - Partai Demokrat segera memilih ketua baru melalui Kongres Luar Biasa (KLB) setelah Anas Urbaningrum berhenti dari jabatan tersebut. Namun, KLB tersebut dipandang hanya formalitas semata.

"Sebenarnya sudah ada nama di kantong SBY. Nama itu dipastikan yang akan mengisi posisi ketua umum. KLB nanti hanya sebuah formalitas saja," ujar Pengamat Politik Universitas Indonesia Boni Hargens ketika dihubungi Sindonews, Senin (11/3/2013).

Lebih lanjut, Boni menjelaskan, KLB yang akan digelar awal April tersebut hanya mensosialisasikan keputusan dan pilihan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain itu, KLB digelar agar Partai Demokrat tetap terkesan menjadi partai yang demokratis dan menjunjung tinggi etika atau ad/art yang sudah disepakati.

"KLB Demokrat jadinya hanya sosialisasi keputuan SBY itu nantinya. KLB diselenggarakan agar Demokrat terkesan partai yang demokratis. Istilahnya mufakat yang dimusyawarahkan, bukan musyawarah untuk mufakat," tandas Boni.

Sebelumnya, Anggota Majelis Tinggi yang juga Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat Jero Wacik menuturkan, untuk mencari ketua umum baru yang sesuai dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) adalah dengan menggelar KLB.

"Yang cocok AD/ART adalah KLB. Saya sudah siapkan untuk KLB," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu 10 Maret 2013.

Dia enggan menjelaskan dimana tempat KLB nantinya. Karena sejauh ini Partai Demokrat masih mencari lokasi yang tepat. Jero pun enggan menjelaskan detail kapan pastinya KLB dilaksanakan.

"Yang pasti sebelum tanggal 9 April lah," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9167 seconds (0.1#10.140)