SBY ingatkan jajarannya potensi konflik sosial

Senin, 18 Februari 2013 - 19:18 WIB
SBY ingatkan jajarannya potensi konflik sosial
SBY ingatkan jajarannya potensi konflik sosial
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Indonesia belum aman dari sejumlah konflik sosial. Meski dalam minggu terakhir ini, dia mengamati adanya penurunan dari tahun sebelumnya.

"Ini belum aman, dalam arti harus terus waspada dan terus cegah agar tidak terjadi," ujar SBY di kantornya, Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2013).

Maka itu, SBY meminta, jajarannya yang duduk di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II terus waspada dan berusaha mencegah terjadinya konflik tersebut.

"Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Kemanan Dalam Negeri telah saya keluarkan. Para gubernur, bupati, wali kota dan juga jajaran kepolisian, TNI di daerah dan semua telah mengikuti Rapat Kerja Pemerintah agar mereka lebih sinergis dan lebih dalam pencegahan dan penanggulangan kekerasan horisontal dan konflik komunal," tambahnya.

Sejauh ini, SBY mengaku, telah berbicara langsung dengan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola urusan Poso dan Palu, serta Gubernur Jawa Timur Sukarwo urusan Madura.

Berdasarkan laporan para Gubernur itu, diperoleh kesimpulan semua dalam kendali. Kendati demikian, SBY mengingatkan, agar jajaran pemerintah jangan sampai lengah.

"Saya hanya pesan saja, ini kepada para menteri program-program untuk daerah rawan konflik seperti itu apakah program kesra, program perekonomian, jangan sampai tidak terlaksana. Karena itu juga bisa menimbulkan permasalahan baru," imbuhnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5191 seconds (0.1#10.140)