Perbaiki Demokrat, SBY diminta buat kebijakan pro rakyat

Senin, 11 Februari 2013 - 07:50 WIB
Perbaiki Demokrat, SBY...
Perbaiki Demokrat, SBY diminta buat kebijakan pro rakyat
A A A
Sindonews.com - Elektabilitas Partai Demokrat terus merosot menjelang Pemilu 2014, namun hal itu tidak dapat disalahkan pada posisi Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Karena, sebagai ikon partai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga kepala negara dapat menjadi peranan penting untuk pencitraan partai.

"Dalam kurun waktu dua tahun ini, seharusnya SBY mengambil kebijakan yang pro rakyat untuk mengembalikan elektabilitas partainya," kata Peneliti Utama Founding Fathers House Dian Permata saat dihubungi Sindonews, Senin (11/2/2013).

Selain itu dia menjelaskan, bisa saja untuk menyelesaikan konflik internal tersebut, adalah pada saat penetapan calon legislator dari partai tersebut.

"Dimana caleg (calon legislatif) menjadi win-win solution," katanya.

Dia juga menjelaskan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku penggagas dan pendiri Partai Demokrat tentunya dapat diibaratkan SBY pemegang Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di partai itu, sedangkan Anas Urbaningrum Ketua Umum DPP PD hany memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"SBY kan pemilik BPKB sedangkan Anas hanya STNK tentunya akan saling berebut kekuatan di sini," tambahnya.

Sebelumnya, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis 3 Februari 2013 lalu, menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat hanya sebesar 8,3 persen.

Angka tersebut sangat jauh jika dibanding pada Pemilu 2009 yang mencapai 20,5 persen. Hasil survei tersebut memicu perdebatan Partai Demokrat, dan desakan agar Anas Urbaningrum mundur dari Ketua Umum Partai.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)