Luthfi janji ungkap keterlibatan Menteri Pertanian

Kamis, 31 Januari 2013 - 21:31 WIB
Luthfi janji ungkap keterlibatan Menteri Pertanian
Luthfi janji ungkap keterlibatan Menteri Pertanian
A A A
Sindonews.com - Kubu tersangka kasus penyuapan impor daging sapi Luthfi Hasan Ishaaq menegaskan, pihaknya akan membongkar keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.

Karena, tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono selaku instansi yang menangani proyek daging.

Kuasa hukum Luthfi, Zainudin Pari menjelaskan, dalam pemeriksaan hari ini, Presiden PKS itu sendiri sudah masuk ke dalam materi perkara. Oleh karena itu, dalam pemeriksaan itulah pihaknya akan menyebut peran Suswono tersebut.

"Saat ini belum masuk ke materi, tapi nanti setelah pemeriksaan sudah berjalan kita akan jawab," kata Zainudin usai mendampingi kliennya di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2013).

Zainudin mengungkapkan, saat ini sendiri, kliennya belum masuk ke dalam materi perkara. Pemeriksaan baru hanya sebatas identitas Luthfi yang juga anggota Komisi I DPR. "Sampai sejauh ini belum ada keterangan," imbuhnya.

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, dalam kasus impor daging, Luthfi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap bersama dengan orang dekatnya, Ahmad Fathanah. Keduanya, diduga menerima pemberian uang dari pengurus PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Perusahaan yang bergerak di bidang impor daging.

Sehingga, keduanya dijerat dengan Pasal Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat 1 atau Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Menurut informasi, Luthfi dijanjikan mendapat Rp40 miliar terkait kuota impor daging sapi. Sedangkan, uang sejumlah Rp1 miliar yang ditemukan di dalam operasi tangkap tangan di mobil Ahmad adalah uang muka untuk Luthfi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)