Ucapan tak layak dikeluarkan oleh hakim

Rabu, 16 Januari 2013 - 10:15 WIB
Ucapan tak layak dikeluarkan...
Ucapan tak layak dikeluarkan oleh hakim
A A A
Sindonews.com - Pernyataan Calon Hakim Agung (CHA) Daming Sunusi sangat melukai hati para korban pemerkosaan. Pasalnya, sebagai seorang hakim dia mengatakan hal yang tidak pantas diucapkan oleh seorang hakim sebagai wakil tuhan di buka mubi ini.

"Yang jelas itu sangat melukai hati korban (pemerkosaan). Apalagi itu ucapan keluar dari mulut seorang hakim," kata pengamat perempuan Estu Rakhmi Fanani kepada Sindonews, Rabu (16/1/2013).

Menurutnya, statmen itu tidak perlu dikeluarkan dari mulut seorang hakim, dimana hakim tempat mencari rasa keadilan bagi setiap korban. Kalau hakimnya seperti itu, bagaimana korban mencari keadilan tersebut.

"Itu sangat tidak layak dikeluarkan oleh hakim. Karena hakim tempat mencari keadilan untuk korban (pemerkosaan dll)," kata mantan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH Apik) Estu Rakhmi Fanani ini.

Seperti diketahui, pada Senin 14 Januari 2013 lalu, saat fit and proper test calon anggota hakim agung, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Andi Azhar menyodorkan pertanyaan terkait hukuman mati untuk kasus pemerkosaan kepada Daming Sunusi.

Tidak disangka, jawaban Daming mengundang gelak tawa para anggota Komisi III yang hadir dalam agenda fit and proper test itu.

"Yang diperkosa dengan yang diperkosa ini sama-sama menikmati. Jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati," ujar Daming disambut tawa para wakil rakyat itu.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)