Sistem listrik Bandara Soetta buruk!

Senin, 17 Desember 2012 - 08:00 WIB
Sistem listrik Bandara Soetta buruk!
Sistem listrik Bandara Soetta buruk!
A A A
Sindonews.com - Matinya radar Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang diakibatkan terbakarnya Unit Power Supply (UPS) dinilai karena sistem listrik bandara yang buruk. Akibat hal itu, hampir seluruh sistem, baik pasokan listrik, radio, lampu landasan, dan sistem navigasi mati total.

Menurut Pengamat Penerbangan Alvin Lee, sistem listrik Bandara Soetta memang buruk. Dia bahkan menyebut jika sistem listrik bandara utama di Indonesia itu sudah tak laik lagi digunakan.

"Sistem listrik di Bandara Soetta sangat buruk, pengelola tidak pernah berkaca dan mengambil hikmah dari kejadian yang sudah seringkali terjadi ini," jelas Alvin Lee kepada Sindonews, Senin (17/12/2012).

Alvin Lee menegaskan, sebaiknya Bandara Soetta harus dilengkapi dengan sistem listrik yang memadai dan berlapis-lapis. Hal itu ditujukan agar ketika kejadian tersebut kembali terjadi, pengelola bandara dapat melakukan antisipasi dengan menggunakan sistem lapis lainnya.

"Ini bandara Internasional, sangat aneh jika hanya mempunyai sistem listrik yang terbatas," tegasnya.

Menurutnya, hal itupun harus ditempuh tak hanya di Bandara Soetta saja, termasuk seluruh bandara di Indonesia demi kenyamanan penumpang.

Sebelumnya, radar Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinyatakan tidak berfungsi. Tak pelak sejumlah jadwal penerbangan sekira pukul 16.55 sampai 17.10 WIB lumpuh.

Menurut data Angkasa Pura, terdapat 63 jadwal penerbangan yang tertunda karena peristiwa tersebut.

Baca berita terkait Bandara Soetta disini
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8535 seconds (0.1#10.140)