Hasmi reinkarnasi kelompok teroris Hisbah

Minggu, 28 Oktober 2012 - 08:24 WIB
Hasmi reinkarnasi kelompok teroris Hisbah
Hasmi reinkarnasi kelompok teroris Hisbah
A A A
Sindonews.com - 11 terduga teroris Harakah Sunni Untuk Masyarakat Indonesia (Hasmi) yang berhasil ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 dibeberapa lokasi kemarin diyakini merupakan reinkarnasi dari kelompok teroris Hisbah.

Hal tersebut lantaran ideologi yang dipegang Hasmi dan Ideologi Hisbah yang memiliki keterkaitan dengan aliran Jemaah Islamiah (JI) sama.

"Ini reinkarnasi kelompok Hisbah, dan bukan kelompok baru. Karena ideologi mereka sama, yakni ideologi Sigit Qurdowi yang ditembak mati pada 2011 lalu," jelas pengamat terorisme Al Chaidar kepada Sindonews, Minggu (28/10/2012).

Menurut Chaidar, kelompok ini diperkirakan rencananya akan melakukan aksi teror dimalam pergantian tahun baru 2012-2013 di wilayah Jakarta. Persoalan kontradiksi mereka dinilai Chaidar juga sama, membidik negara barat sebagai target utama aksi mereka.

Chaidar juga menilai jaringan kelompok ini dipastikan sudah lemah pasca penangkapan pemimpin mereka Abu Hanifah. Diperkirakan kelompok ini akan bisa kembali tumbuh sekira 10 tahun kemudian.

"Kelompok ini sudah pasti lemah, baru nanti sekira 10 tahun kemudian baru bisa aktif kembali," tandasnya.

Ditanya keterkaitan kelompok Hasmi dengan kelompok teroris Poso, Chaidar menampiknya. Menurut dia, Kelompok Poso berbeda dengan Kelompok Hasmi yang baru ditangkap.

Sebelumnya tim Densus 88 menangkap ke-11 terduga teroris Hasmi tersebut di masing-masing lokasi yang berbeda. Dua orang di Madiun, Jawa Timur, tiga orang di Solo, Jawa Tengah, tiga orang di Jakarta, dan dua di Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8544 seconds (0.1#10.140)