Tak lolos verifikasi, itu salah parpol

Minggu, 28 Oktober 2012 - 08:15 WIB
Tak lolos verifikasi, itu salah parpol
Tak lolos verifikasi, itu salah parpol
A A A
Sindonews.com - Terkait banyaknya parpol yang belum memenuhi administrasi partai calon peserta pemilu 2014, Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Nurul Arifin menilai kesalahan ada di parpol masing-masing.

Pasalnya menurut Nurul, ketentuan yang dijelaskan dalam sistem informasi partai politik (Sipol) terhadap proses parpol untuk melengkapi data yang dibutuhkan verifikasi sudah jelas.

"Risiko dari masing-masing parpol jika dalam hasil verifikasi tidak bisa lolos, kan ketentuannya tidak hanya berasal dari Sipol saja," jelas Nurul kepada Sindonews, Minggu (28/10/2012).

Menurut politikus Golkar ini, hasil rapat antara DPR dengan KPU beberapa waktu lalu sudah sangat jelas, jika sipol bukan satu-satunya alat untuk melakukan verifikasi parpol.

"Kan para parpol bisa menggunakan mekanisme lain secara faktual, tak hanya sipol" tegasnya.

Dia juga mendesak KPU memberikan batas waktu untuk parpol. Dengan catatan bila tidak dipenuhi maka partai tersebut secara otomatis akan gugur.

Maka itu, Nurul mendesak agar Komsisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memolorkan lagi jadwal pengumuman verifikasi partai politik (Parpol) yang rencananya akan diumumkan hari ini.

"Buat apalagi ditunda-tunda, tolong KPU jangan ragu lagi soal pengumuman verifikasi parpol," ujar Nurul.

Menurut Nurul, jika jadwal kembali dimolorkan, akan merembet terganggunya pada proses tahapan lain.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0803 seconds (0.1#10.140)