Banyak masalah, Kemenakertrans tak akan tutup BNP2TKI

Sabtu, 27 Oktober 2012 - 22:31 WIB
Banyak masalah, Kemenakertrans tak akan tutup BNP2TKI
Banyak masalah, Kemenakertrans tak akan tutup BNP2TKI
A A A
Sindonews.com - Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tidak akan menutup Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)

Staf ahli Kemenakertrans Dita Indah Sari mengatakan, BNP2TKI memiliki fungsi operasional, dan teknis di lapangan. Fungsi ini merupakan fungsi pelimpahan dari Kemenakertrans.

Menurut praktisi perempuan ini, sepanjang BNP2TKI tetap di fungsikan sebagai operasional dan petugas lapangannya di kawal secara baik, kinerjanya cukup di evaluasi sebagai pengawasan.

"Kemenakertrans tetap berkeinginan BNP2TKI tetap ada", tegas Dita saat ditemui di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (27/10/2012).

Dia mengatakan, dalam proses penyelesaian di konsuler atau di kedutaan misalnya mediasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan di Jeddah tetap ada. "Proses mediasi tetap berjalan dan ini menjadi prioritas kami", tegasnya.

Menurutnya, salah satu bentuk perlindungan pemerintah ini tetap harus di apresiasikan. Dia menambahkan, mungkin ada beberapa kasus yang tidak terselesaikan atau mungkin tidak puas dengan proses penyelesaiannya. Namun tidak diartikan untuk melakukan penutupan lembaga tersebut.

"Dalam mengawal kinerja BNP2TKI, setiap tiga bulan sekali kami akan melakukan evalusi dan melihat progres report. Bila terjadi kejanggalan atau masalah, kami akan bicarakan bersama", ujarnya.

Menurutnya, BNP2TKI selama ini melaporan permasalahan TKI yang paling besar mengenai gaji yang tidak dibayar. Hal ini diselesaikan oleh BNP2TKI dan di selesaikan oleh asuransi.

Dia berharap para TKI dapat membangun komunikasi dengan kedutaan jika terjadi masalah. Sehingga kedutaan dapat dengan cepat melakukan mediasi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3759 seconds (0.1#10.140)