Parpol harus jaga kredibilitas lembaga survei

Kamis, 19 Juli 2012 - 05:24 WIB
Parpol harus jaga kredibilitas lembaga survei
Parpol harus jaga kredibilitas lembaga survei
A A A
Sindonews.com - Partai politik (parpol) harus ikut menjaga kredibilitas lembaga survei yang bekerja dengan cara akademis dengan cara tidak mencampuradukan kepentingan politik dengan kegiatan survei.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait mengatakan, parpol harus menjaga dan menghormati hasil kegiatan ilmiah dengan mengedepankan transparansi jika menggunakan jasa lembaga survei.

"Kami sudah dua kali melakukan survei nasional, dan jelas kami umumkan menggunakan Indo Barometer yang kita biayai. Hasilnya seperti apa sudah kita publikasikan. Kita berharap parpol lain juga melakukan hal sama, agar kita berkompetisi dengan fair dan sehat," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu 18 Juli 2012.

Pria yang akrab disapa Ara itu mengungkapkan, PDIP tidak pernah berupaya untuk menggiring opini publik dengan meminta ditempatkan di urutan teratas dalam sebuah survei. "Dalam dua survei kita, Golkar yang ada di urutan teratas. Itulah transparansinya, meski kita yang membiayai tapi kalau kita baru nomor dua, ya tidak usah minta nomor satu," jelasnya.

Menurutnya, transparansi parpol dalam menggunakan jasa lembaga survei tidak hanya akan membantu meningkatkan kredibilitas parpol, melainkan juga menjaga independensi lembaga survei sebagai bagian dari elemen demokrasi.

Terpisah, Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan mengatakan, tidak semua survei yang dilakukan oleh parpol dengan menggunakan jasa lembaga survei harus dipublikasikan. Sebab, hal itu menyangkut dengan evaluasi dan strategi pembenahan parpol itu sendiri.

"Kami sangat yakin bahwa survei yang paling tepat, ya survei oleh internal. Karena survei ada yang independen, tapi ada yang terang-terangan berafiliasi dengan parpol," tukasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7447 seconds (0.1#10.140)