Ratusan petugas LP terancam dipecat

Senin, 16 Juli 2012 - 21:23 WIB
Ratusan petugas LP terancam dipecat
Ratusan petugas LP terancam dipecat
A A A
Sindonews.com - Ratusan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), dan Rumah Tahanan (Rutan) di seluruh Indonesia terancam dipecat akibat diduga melakukan pelanggaran, dan terlibat dalam peredaran narkoba.

"Januari-Juni 2012 saja sudah mencapai 52 petugas Lapas yang menjalani pemeriksaan atas dugaan pelanggaran. Dari Juni sampai sekarang sudah hampir mendekati ratusan. Kalau terbukti, akan dikenai sanksi berat berupa pemecatan,” kata Dirjenpas Sihabudin di sela-sela peresmian 'Pusat Pelayanan Hukum dan HAM' di Manado, Sulawesi Utara, Senin (17/6/2012).

Dia mengungkapkan, institusinya tidak akan membela petugas yang terbukti melakukan pelanggaran. Bahkan, dirinya berjanji akan menyelesaikan dan mengungkap jaringan-jaringan mafia narkoba yang bercokol di lapas dan rutan.

“Kita sudah mengikrarkan perang terhadap napi dan pegawai yang terbukti mengedarkan narkoba,” tegasnya.

Disinggung soal indikasi keterlibatan Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Lapas, dalam peredaran narkoba, mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DKI Jakarta ini menegaskan tidak segan-segan memecat, dan mempidanakan sesuai aturan yang berlaku. “Siapapun dia, akan kita sikat,” ujarnya.

Menurutnya, dari sejumlah pegawai lapas dan rutan yang tengah menjalani pemeriksaan, mayoritas dilakukan oleh pegawai muda yang masa baktinya di bawah tujuh tahunan. Kecenderungannya, mereka terobsesi ingin cepat memiliki uang banyak, tanpa harus bekerja puluhan tahun. Apalagi, dengan iming-iming uang puluhan hingga ratusan juta.

“Tawarannya memang sangat menggiurkan, sementara mereka kecenderungannya ingin cepat kaya, khususnya yang banyak kebutuhan sementara penghasilan tidak mencukupi,” jelasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5801 seconds (0.1#10.140)