Kapal perang AS sambangi perairan Bali

Kamis, 12 Juli 2012 - 13:46 WIB
Kapal perang AS sambangi perairan Bali
Kapal perang AS sambangi perairan Bali
A A A
Sindonews.com - Dalam rangka lawatannya ke Asia Tenggara, Kapal Perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) Navy USS Benfold merapat di Pelabuhan Benoa, Bali.

Kapal ini datang bukan untuk misi militer melainkan berlibur menikmati obyek wisata di Pulau Dewata. Sebelumnya kapal perang itu bertolak dari San Diego lalu singgah di Hawaii untuk mengisi bahan bakar lanjut bertolak ke Bali.

”Agenda kami akan mengunjungi sejumlah obyek wisata, beraudiensi dengan Wali Kota Denpasar dan pejabat terkait lainnya,” ujar Kapten Kapal Adrian Jansen di Benoa Denpasar, Kamis (12/7/2012).

Adrian mengatakan lawatan kapal perang asal Negeri Paman Sam itu merupakan rangkaian kunjungan ke kawasan Asia Tenggara. Namun untuk lawatan ke Indonesia, kapal perang ini hanya singgah di Bali selama empat hari. Usai dari Bali, Navy USS Benfold akan pulang ke negaranya untuk operasi yang masih dirahasiakan.

”Kami juga melakukan latihan bersama pasukan TNI AL di Denpasar,” katanya didampingi. Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Wayan Suarjaya.

Kapal dengan panjang 54 meter dan berbobot 8.900 ton itu mengangkut 280 personil angkatan laut Amerika yang terdiri dari 35 orang perwira dan sisanya tentara pelaut atau prajurit. Selain itu, kapal dilengkapi peralatan canggih seperti rudal anti pesawat, rudal anti kapal selam, dan rudal anti kapal perang serta sejumlah alat pendeteksi lainnya.

Selama enam bulan kapal canggih ini hanya melintas di perairan Bali dan tidak menjalankan operasi di wilayah perairan Indonesia lainnya.

Danlanal Denpasar I Wayan Suarjaya menjelaskan, dalam latihan bersama dengan tentara Amerika di antaranya meliputi manuver taktis, sistem komunikasi serta prosedur penyelamatan lainnya. Kapal yang turut dilibatkan dalam latihan bersama ini yakni KRI Hasan Basri dan KRI Weling.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7675 seconds (0.1#10.140)