Bangun sekolah gratis untuk masa depan anak

Minggu, 01 Juli 2012 - 01:39 WIB
Bangun sekolah gratis untuk masa depan anak
Bangun sekolah gratis untuk masa depan anak
A A A
SEJUMLAH perempuan melakukan perjuangan luar biasa dalam memajukan kesejahteraan kaumnya di seluruh dunia. Hal inilah yang dilakukan Shakira, penyanyi papan atas dunia yang juga dikenal sebagai dermawan dalam bidang pendidikan.

Lewat lembaga yang didirikannya, Yayasan Barefoot, Shakira berhasil membangun sejumlah sekolah gratis yang ditujukan bagi anak kurang mampu. Hingga kini Yayasan Barefoot telah mengelola enam sekolah asrama di wilayah Kolombia. Seperti dilansir situs resmi Barefoot Foundation, selain memberikan fasilitas guru dan perlengkapan sekolah secara cuma-cuma kepada lebih dari 5.000 peserta didik, yayasan ini juga memberikan makanan bergizi, air bersih, sanitasi, dan dukungan psikologis bagi seluruh peserta didik.

Wanita kelahiran 2 Februari 1977 ini menuturkan bahwa kepeduliannya pada dunia pendidikan dilandasi oleh penilaiannya bahwa pendidikan merupakan suatu alat fundamental dalam mengembangkan dan membangun suatu negara. “Bagi saya, pendidikan adalah hal penting yang harus didapatkan semua umat manusia yang ada di dunia. Hal itulah yang membuat saya mendirikan yayasan peduli pendidikan,” ungkapnya.

Kepedulian Shakira dan Yayasan Barefoot memberantas kebodohan semakin menakjubkan. Bukan hanya membangun sekolah gratis di wilayah Kolombia, saat ini yayasan tersebut juga telah melakukan hal yang sama di negara lain seperti Haiti. Untuk melancarkan seluruh gerakan kepedulian yang dilakukan, Shakira dan Yayasan Barefoot menjalin kerja sama dengan para dermawan dan LSM (lembaga swadaya masyarakat) yang ada di berbagai negara.

Dalam beberapa kesempatan, Shakira pun tidak ragu meminta bantuan pada berbagai lembaga global pemerhati pendidikan seperti UNICEF.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7284 seconds (0.1#10.140)