Menhan: Konflik Papua diatasi bertahap

Senin, 11 Juni 2012 - 11:40 WIB
Menhan: Konflik Papua diatasi bertahap
Menhan: Konflik Papua diatasi bertahap
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pertahanan mengakui menyelesaikan permasalahan di Papua bukanlah perkara mudah. Penyelesaian tidak bisa dilakukan dengan cara cepat, namun secara bertahap.

"Sebetulnya dengan adanya Letnan Jenderal (TNI) Bambang Darmono (Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat/UP4B)segala pendekatan ekonomi, pendekatan kesejahteraan, sudah dilakukan. Tapi tidak bisa diselesaikan dengan cara cepat, mesti bertahap," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Purnomo menjelaskan, dalam aturan otonomi khusus, pejabat pemerintahan di sana sudah diisi oleh putra Papua sendiri, mulai dari gubernur sampai bupatinya. "Pendekatan ekonomi, dan kesejahteraan sudah dilakukan, tapi tidak bisa begitu saja diselesaikan dengan cepat," terangnya.

Terkait dengan penembakan yang terjadi di Papua, sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Dalam peraturan perundang-undangan, hal itu dimungkinkan. Ada ruang untuk Polri melakukan penyelidikan. Namun, tidak hanya polisi, Badan Intelijen Negara juga dilibatkan dalam penyedilikan itu.

"Sekarang sedang dipastikan siapa, diproyeksi, ini mesti hati-hati. Karena masalah Papua ini sangat sensitif sekali," terangnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5271 seconds (0.1#10.140)