Ada motif ekonomi dalam aksi kekerasan di Papua

Jum'at, 08 Juni 2012 - 17:18 WIB
Ada motif ekonomi dalam aksi kekerasan di Papua
Ada motif ekonomi dalam aksi kekerasan di Papua
A A A
Sindonews.com - Banyaknya aksi kekerasan di Papua dikhawatirkan didalangi oleh sejumlah pihak yang memiliki kepentingan. Pasalnya wilayah di timur Indonesia tersebut memiliki kekayaan alam yang melimpah.

"Saya agak khawatir dengan persoalan Papua ini, saya khawatirnya diboncengi oleh berbagai pihak," kata Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Marzuki menuturkan, bumi Cendrawasih ini sangat menarik dari segi ekonomi, yakni kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, aparat keamanan harus mulai menyelidiki apakah ada hubungan antara sejumlah aksi penembakan dengan motif ekonomi yang dimiliki pihak-pihak tertentu.

"Itu yang perlu kita cari tahu. Seolah-olah itu semua ada korelasi. Bagi seorang akademisi itulah pertanyaannya, dan itu harus dijawab dengan penelitian," ujarnya.

Politikus Partai Demokrat itu juga meminta Badan Intelijen Negara (BIN) mencari tahu apa yang menyebabkan maraknya aksi kekerasan di Papua. "Tugas BIN adalah untuk mencari tahu apa yang menjadi latar belakang ini semua," tukasnya. (lil)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3764 seconds (0.1#10.140)