PPP buka peluang caleg eksternal

Selasa, 05 Juni 2012 - 08:07 WIB
PPP buka peluang caleg eksternal
PPP buka peluang caleg eksternal
A A A
Sindonews.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menerapkan sistem rekrutmen calon anggota legislatif (caleg) secara terbuka.

Selain memprioritaskan kader sendiri, partainya juga membuka kesempatan kepada pihak luar untuk mendaftar menjadi caleg. Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PPP Fernita Darwis menjelaskan, untuk perekrutan internal, partainya sudah membuka pendaftaran sejak Februari- April 2012, sedangkan untuk eksternal akan dibuka pada Mei-September 2012.

Menurut dia, PPP lebih cepat membuka pendaftaran caleg mengingat amanat AD/ART partainya, daftar caleg harus sudah ada minimal dua tahun sebelum pemilu digelar.

Mantan Staf Khusus Menteri Agama itu juga mengaku hingga saat ini partainya sudah mengantongi daftar nama caleg mulai dari tingkat kabupaten/ kota, provinsi hingga pusat.

Fernita menambahkan, bahwa partainya juga akan menerapkan sistem manajemen daerah pemilihan (dapil) saat mengusung caleg pada Pemilu 2014 mendatang. Sistem ini bertujuan untuk menghindari persaingan antara caleg internal di partainya tersebut. Nantinya, para caleg akan bekerja sama untuk menggarap dapil masing-masing. Cara ini dilakukan agar tidak terjadi persaingan ketat antarcaleg internal.

"Jadi nanti caleg PPP, baik di kabupaten/kota, provinsi maupun pusat akan saling kerja sama. Kita targetkan dapat kursi di dapil tersebut. Target kita di semua tingkatan dapat 20% kursi. Manajemen dapil ini diharapkan bisa menghindari saling menjatuhkan antarcaleg internal," katanya.

Sementara Sekretaris Fraksi PPP, Arwani Thomafi menambahkan, khusus caleg eksternal, nantinya ada tahapan tersendiri yang akan dilakukan partainya. Menurut dia hingga saat ini sudah banyak calon eksternal yang memiliki minat maju melalui PPP. (lil)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1553 seconds (0.1#10.140)