Bachtiar Chamsyah bebas dari bui

Jum'at, 25 Mei 2012 - 13:26 WIB
Bachtiar Chamsyah bebas dari bui
Bachtiar Chamsyah bebas dari bui
A A A
Sindonews.com - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Bachtiar Chamsyah segera menghirup udara bebas. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini telah selesai menjalani hukuman penjara selama 20 bulan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta.

Dikonfirmasi soal itu, Djufri Taufik selaku Kuasa Hukum Bachtiar membenarkan. "Benar, Pak Bachtiar hari ini bebas, setelah salat Jumat. Beliau telah selesai menjalani masa hukuman yang dibebankan kepadanya," terang Djufri melalui telepon, Jumat (25/5/2012).

Sebagai kuasa hukum, Djufri mengaku sangat gembira kliennya telah bebas. Meskipun dia berkeyakinan kliennya tidak bersalah dalam kasus itu.

Menurut Djufri kliennya dijatuhi hukuman 20 bulan pejara dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 22 Maret 2011 lalu.

Kemudian, kliennya sempat bebas demi hukum pada 24 Januari 2012 karena masa penahanannya habis, sementara putusan kasasi atas perkaranya belum terbit.

"Setelah putusan kasasi yang memutuskan beliau tetap harus menjalani pidana penjara 20 bulan keluar, beliau kembali masuk tahanan. Beliau kooperatif, mendatangi sendiri rutan untuk dieksekusi," ujar Djufrie.

Seperti diketahui, Bachtiar dibui lantaran menyetujui penunjukan langsung tiga proyek Departemen Sosial (Depsos). Dalam Pengadilan Tipikor, selaku Mensos dan pengguna anggaran Bachtiar terbukti menyalahgunakan wewenang, dan merugikan negara Rp35,7 miliar.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7738 seconds (0.1#10.140)