Persoalan pendidikan jadi kendala kaum wanita

Minggu, 22 April 2012 - 14:55 WIB
Persoalan pendidikan jadi kendala kaum wanita
Persoalan pendidikan jadi kendala kaum wanita
A A A
Sindonews.com - Pola pikir terhadap budaya maupun tradisi yang beranggapan bahwa wanita tidak perlu mendapatkan pendidikan yang tinggi, perlu segera diubah. Maka itu. sangat dituntut, sikap keberanian Wanita Indonesia saat untuk menerobos pola pikir lama tersebut.

Pemikiran seperti itu dianggap sebagai penghalang kaum wanita Indonesia saat ini dalam mendapatkan pengakuan yang layak untuk turut serta mengisi kursi pemerintahan.

"Ada kendala internal dari perempuan yaitu masalah pendidikan. Ada yang masih pendidikannya rendah menjadi kendala untuk wanita tersebut untuk berkarya karena merasa tidak punya kapabiltas," ujar peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro kepada Sindonews saat ditemui di sela-sela acara Konsolidasi Jaringan Nasional Parlemen seluruh Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (22/4/2012).

Labih lanjut dikatakan olehnya, kendala pendidikan seperti itu yang sebagian besar mengalahkan kemauan para wanita untuk bisa ikut dalam kancah perpolitikan di Indonesia. Mereka seakan seakan tidak mempunyai amunisi yang cukup untuk memajukan daerah mereka saat ini.

“Untuk itu, kami mendesak pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan untuk melakukan pendidikan gratis bagi masyarakat saat ini,“ tukasnya.

Pada kesempatan itu, dia juga berharap pihak keluarga seharusnya memberikan keleluasan kepada pihak perempuan dalam mendapatkan berbagai haknya.“Kalau tidak, ya wanita tersebut sendirilah yang harus berjuang sendiri mendapatkan hal tersebut,“ imbuhnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7111 seconds (0.1#10.140)