DPR desak Kemenkes atasi serangan Tomcat

Selasa, 20 Maret 2012 - 13:58 WIB
DPR desak Kemenkes atasi serangan Tomcat
DPR desak Kemenkes atasi serangan Tomcat
A A A
Sindonews.com - Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Chusnunia mengatakan, peran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui dinas-dinas kesehatan di daerah diharapkan dapat mengurangi keresahan masyarakat mengenai serangga Tomcat yang mulai menyerang warga di kawasan pesisir Jawa Timur.

"Kemenkes mesti selekasnya mengkoordinasi dinas-dinas kesehatan untuk melakukan penanganan, terutama di daerah-daerah yang sudah ada kasus. Juga perlu diantisipasi persebarannya," tutur Chusnunia kepada wartawan melalui keterangan persnya, Selasa (20/3/2012).

Anggota Komisi IX ini meminta, pihak Kemenkes memberikan solusi yang tepat untuk membantu masyarakat. Jika tidak ada langkah antisipasi yang jelas, maka warga akan semakin resah karena tidak memahami cara mengatasi serangan kumbang rove atau Tomcat. "Banyak yang tak memahami hal-hal berkaitan dengan Tomcat ini," ujarnya.

Kabar-kabar yang beredar baik melalui BlackBerry Messenger maupun jejaring sosial Twitter menyebutkan bahwa Tomcat memiliki racun yang berkali lipat dibanding racun ular berbisa.

"Simpang siur kabarnya, dikhawatirkan membuat masyarakat jadi panik. Karenanya, masyarakat harus diberi pengertian apa tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah maupun ketika sudah terserang racun tomcatnya," terangnya.

Meskipun merebaknya serangan Tomcat belum dapat dimasukkan kategori Kejadian Luar Biasa (KLB), karena KLB harus yang kategori wabah bersifat fatal, bisa merenggut nyawa manusia. "Kemenkes tak harus menunggu ada nyawa melayang, tetap harus segera bertindak cepat" pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0042 seconds (0.1#10.140)