Anas: Tingalkan sistem pemilu lama

Jum'at, 16 Maret 2012 - 18:42 WIB
Anas: Tingalkan sistem pemilu lama
Anas: Tingalkan sistem pemilu lama
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan, sistem pemilu lama yang tertutup harusnya ditinggalkan dan beralih pada sistem baru yang lebih terbuka.

"Sistem pemilunya harus makin baik dan makin sempurna. Kalau mau lebih baik, jangan kembali ke RUU lama," ujar Anas kepada wartawan usai memimpin rapat Fraksi Partai Demokrat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Jumat (16/3/2012).

Menurut Anas, RUU pemilu harus mampu melahirkan sistem pemilu yang baik dan komfrehensif. Untuk tujuan itu, DPR terus menggodok sistem pemilu.

"Pembahasan RUU Pemilu belum sampai pada tahapan finalisasi. Pada prinsipnya, lewat kader PD di DPR atau pansus, harus memperjuangkan UU Pemilu yang lebih baik, yang lengkap, komprehensif, dan mampu meningkatkan akuntabilitas politik," ucapnya.

Masih kata Anas, dalam waktu dekat DPR akan melakukan seleksi angota KPU. Menurutnya, seleksi inilah yang harus menghasilkan persoalan KPU yang independen dan bukan titipan suatu partai politik.

"Undang-undangnya baik, belum tentu pemilunya baik kalau pelaksanaanya tidak baik," terangnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5946 seconds (0.1#10.140)